Pekalongan, ANTARA Jateng - Pendapatan asli daerah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan, Jawa Tengah yang ditetapkan sebesar Rp3,8 miliar hingga pertengahan Desember 2012 sudah melampaui target," kata Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah TPI Kota Pekalongan, Kasim.

"Hingga pertengahan Desember 2012, PAD TPI yang ditargetkan Rp3,8 miliar sudah malampaui batas, bahkan kini sudah mencapai Rp3,88 miliar," katanya di Pekalongan, Kamis.

Menurut dia, selama empat bulan terakhir ini aktivitas lelang ikan TPI memang mengalami peningkatan karena faktor masuknya sejumlah kapal yang dilengkapi "freezer" dan pendukung layanan lainnya.

Dengan adanya dukungan fasilitas dari TPI ini, katanya, diperkirakan hingga akhir Desember 2012 pendapatan asli daerah dari sektor perikanan ini mampu menembus Rp4,2 miliar.

Ia mengatakan dengan membaiknya sarana dan prasarana itu, Pemkot Pekalongan pada 2013 telah menaikkan target PAD TPI sebesar Rp4 miliar.

"Jika melihat perkembangan saat ini, kami memang optimistis target sebesar Rp4 miliar akan terlampaui," katanya.

Menurut dia, sejumlah permasalahan yang menghambat pencapaian target PAD TPI, antara lain kondisi cuaca di perairan laut.

"Akan tetapi, kami berharap pada 2013 kondisi cuaca di perairan lebih baik. Kami juga berharap dengan membaiknya perkembangan pelelangan ikan ini akan membawa kejayaan TPI Kota Pekalongan kembali," katanya.

Ia mengatakan selama empat bulan terakhir, pendapatan TPI mengalami tren kenaikan, seperti pada Agustus 2012 mencapai Rp173 juta, September naik menjadi Rp385 juta, dan Oktober 2012 sekitar Rp563 juta.

"Kenaikan pendapatan tersebut juga akibat TPI Kota Pekalongan memiliki sejumlah keunggulan sehingga nelayan lebih menyukai melelangkan hasil tangkapannya di daerah setempat. Nelayan yang akan menjual hasil tangkapannya akan dibeli tunai, sedangkan tempat pelelangan ikan cukup luas," katanya.

Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
Nama  
Email  
Komentar
  Security Code Masukkan karakter yang terdapat pada gambar